GEOGRAFI ( SEJARAH TERBENTUKNYA BUMI ) LEBIH LENGKAP

SEJARAH TERBENTUKNYA BUMI

Bumi adalah planet tempat tinggal seluruh makhluk hidup beserta isinya. Sebagai tempat tinggal makhluk hidup, bumi tersusun atas beberapa lapisan bumi, bahan-bahan material pembentuk bumi, dan seluruh kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Bentuk permukaan bumi berbeda-beda, mulai dari daratan, lautan, pegunungan, perbukitan, danau, lembah, dan sebagainya. Bumi sebagai salah satu planet yang termasuk dalam sistem tata surya di alam semesta ini tidak diam seperti apa yang kita perkirakan selama ini, melainkan bumi melakukan perputaran pada porosnya (rotasi) dan bergerak mengelilingi matahari (revolusi) sebagai pusat sistem tata surya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya siang malam dan pasang surut air laut. Oleh karena itu, proses terbentuknya bumi tidak terlepas dari proses terbentuknya tata surya kita.

A. PRAKAMBIUM
prekambrium-sopky-burian.jpg            Era ini memiliki lapisan yang selalu terdapat fosil dibawahnya. Lapisan batuan baru dikatakan berumur Prakambrium jika terutup lapisan yang berfosil Kambrium. Lapisan Prakamrium terdiri dari batuan batuan beerhablur, baik yang berasal dari pembekuan magma cair, maupun dari pelebeuran dan penghabluran kembali sedimen sedimen dan batuan batuan lainnya, yang disebabkan oleh perubahan kimiawi dan fisis pada sedimen sedimen dan batuan beku.


B. PALEOZOIKUM


Paleozoic-wallpaper.jpg

            Paleozoikum (Bahasa Yunani: palaio, "tua" dan zoion, "hewan", berarti "kehidupan purba") adalah era pertama dari tiga era pada eon Fanerozoikum. Era ini berlangsung pada kurang lebih 542 sampai 251 juta tahun yang lalu, dan dibagi menjadi enam periode, berturut-turut dari yang paling tua:  Kambrium Ordovisium Silur,  Devon Karbon, dan Perm. Paleozoikum dilanjutkan dengan era Mesozoikum.


           
  
1. Kambrium
Pada zaman ini ditandai dengan adanya endapan yang mengandung jasad fosil yang telah mencapai tingkat tinggi, bila dibandingkan dengan yang dijumpai pada era Prakrambium. Semua masih hidup terbatas pada Air laut, terutama jasad samudera.
     
              NATULIUS                                                        ARCHAECHYTHA






080401200446-large.jpg

099.jpg
 

                                                                                           





2. Silur
Pada zaman Silur, penyebaran fauna lebih luas dibandingkan dengan zaman Kamrium. Banyak kelompok bintang baru yang muncul dalm zaman Silur. Diantaranya adalah vetebrata. Grapalit adalah ciri fosil penunjuk pada zaman Silur dan merupkan kumpulan bintang kecil yang disebut Robdosoma.
Zaman silur                                                           vetebrata






w.jpeg

i.jpeg

 






3. Devon
Zaman ini berceririkan munculnya tumbuhtumbuhan darat dan binatang bertulang belakang. Dilaut dijumpai perkembangan luas kelompok kelompok bintang yang tidak bertulang berlakang, seperti Amronit. Deon dibagi menjadi tiga: Bawah, Tengah, Atas.
4. Karbon
Zaman ini ditandai dengan timbulnya sejarah besar karbon bebas di berbagai bagian dunia. Karbon beperan penting menjadi pentujuk keadaan cuaca atau iklim. Pada zaman Kan ini terjadi pembentukan pegunungan; hal hal inilah yang menybabkan zaman Karbon dapat dikenal deengan nyata. Terjadinya batu bara sangat erat hubungannya dengan oengangkatan dan pembentukan pegunungan.


0068.jpg

5.  Perm
“Perm” adalah nama sebuah propinsi tua di dekat pegunungan Ural, Rusia.
Reptilia meningkat dan serangga modern muncul, begitu juga tumbuhan konifer dan Grikgo primitif. Hewan Ampibi menjadi kurang begitu berperan. Zaman perm diakhiri dengan kepunahan micsa dalam skala besar, Tribolit, banyak koral dan ikan menjadi punah.
Benua Pangea bergabung bersama dan bergerak sebagai satu massa daratan, Lapisan es menutup Amerika Selatan, Antartika, Australia dan Afrika, membendung air dan menurunkan muka air laut. Iklim yang kering dengan kondisi gurun pasir mulai terbentuk di bagian utara bumi.


1.jpeg

Benua pangea

C. MESOZOIKUM
Mesozoikum terdiri dari zaman Kapur, Jura, dan Trias. Zaman Kapur berumur lebih dari 90 juta tahun, Jura 145 juta tahun, dan Trias 190 juta tahun. Ketiga zaman ini disebut tingkat kehidupan pertengahan.
1.      Zaman kapur
Banyak dinosaurus raksasa dan reptilia terbang hidup pada zaman ini. Mamalia berari-ari muncul pertama kalinya. Pada akhir zaman ini Dinosaurus, Ichtiyosaurus, Pterosaurus, Plesiosaurus, Amonit dan Belemnit punah. Mamalia dan tumbuhan berbunga mulai berkembang menjadi banyak bentuk yang berlainan. Iklim sedang mulai muncul. India terlepas jauh dari Afrika menuju Asia. zaman ini adalah zaman akhir dari kehidupan biantang-binatang raksasa.



FOSIL IKAN DI ZAMAN KAPUR
250px-Cretaceous_Period_Fish_by_dyet.jpg

2.      Zaman Jura
            Pada zaman ini, Amonit dan Belemnit sangat umum. Reptilia meningkat jumlahnya. Dinosaurus menguasai daratan, Ichtiyosaurus berburu di dalam lautan dan Pterosaurus merajai angkasa. Banyak dinosaurus tumbuh dalam ukuran yang luar biasa. Burung sejati pertama (Archeopterya) berevolusi dan banyak jenis buaya berkembang. Tumbuhan Konifer menjadi umum, sementara Bennefit dan Sequola melimpah pada waktu ini.Pangea terpecah dimana Amerika Utara memisahkan diri dari Afrika sedangkan Amerika Selatan melepaskan diri dari Antartika dan Australia.zaman ini merupakan zaman yang paling menarik anak-anak setelah difilmkannya Jurrasic Park.
506.jpg
3.      Zaman Trias
            Gastropoda dan Bivalvia meningkat jumlahnya, sementara amonit menjadi umum. Dinosaurus dan reptilia laut berukuran besar mulai muncul pertama kalinya selama zaman ini. Reptilia menyerupai mamalia pemakan daging yang disebut Cynodont mulai berkembang. Mamalia pertamapun mulai muncul saat ini. Dan ada banyak jenis reptilia yang hidup di air, termasuk penyu dan kura-kura. Tumbuhan sikada mirip palem berkembang dan Konifer menyebar. Benua Pangea bergerak ke utara dan gurun terbentuk. Lembaran es di bagian selatan mencair dan celah-celah mulai terbentuk di Pangea.

D. KENOZOIKUM
            Kenozoikum disebut juga era Neozoikum. Terdiri dari zaman tersier dan kuarter dan merupkan tingkat kehidupan baru. Era ini terbagi 2, yaitu :
Zaman Tersier (65 – 1,7 juta tahun lalu)
Pada zaman tersier terjadi perkembangan jenis kehidupan seperti munculnya primata dan burung tak bergigi berukuran besar yang menyerupai burung unta, sedangkan fauna laut sepert ikan, moluska dan echinodermata sangat mirip dengan fauna laut yang hidup sekarang. Tumbuhan berbunga pada zaman Tersier terus berevolusi menghasilkan banyak variasi tumbuhan, seperti semak belukar, tumbuhan merambat dan rumput.
Pada zaman Tersier – Kuarter, pemunculan dan kepunahan hewan dan tumbuhan saling berganti seiring dengan perubahan cuaca secara global.
Zaman Kuarter (1,7 juta tahun lalu – sekarang)
Zaman Kuarter terdiri dari kala Plistosen dan Kala Holosen. Kala Plistosen mulai sekitar 1,8 juta tahun yang lalu dan berakhir pada 10.000 tahun yang lalu. Kemudian diikuti oleh Kala Holosen yang berlangsung sampai sekarang.
Pada Kala Plistosen paling sedikit terjadi 5 kali jaman es (jaman glasial). Pada jaman glasial sebagian besar Eropa, Amerika utara dan Asia bagian utara ditutupi es, begitu pula Pegunungan Alpen, Pegunungan Cherpatia dan Pegunungan Himalaya Di antara 4 jaman es ini terdapat jaman Intra Glasial, dimana iklim bumi lebih hangat.
Manusia purba jawa (Homo erectus yang dulu disebut Pithecanthropus erectus) muncul pada Kala Plistosen. Manusia Modern yang mempunyai peradaban baru muncul pada Kala Holosen. Flora dan fauna yang hidup pada Kala Plistosen sangat mirip dengan flora dan fauna yang hidup sekarang.

KESIMPULAN :
            Planet kita diperkirakan mulai terbentuk 4,5 miliar tahun yang lalu. Sejak itu penampilan aslinya hampir tidak pernah berubah. bumi ini cocok untuk menciptakan dan mengembangbiakkan bentuk kehidupan sejak pertama kali terbentuk. Tim peneliti barat menolak teori tentang bumi seluruhnya diselubungi samudera sebelum spesies laut pertama menginjak daratan.

maaf yah.. ini dikumpulkan dari berbagai sumber,,, jadi sedikit panjang... semoga ilmunya bermanfaat!!







Label:

Minggu, 23 Oktober 2011



©layout. x x x
Modified by Jalmi Sae